Jumat, 09 Januari 2009

Pentingnya Komunikasi

Pada awal kehidupan di dunia, komunikasi digunakan untuk mengungkapkan kebutuhan organis. Sebelum diketemukannya bahasa, manusia berkomunikasi dengan suara dan gerakan tubuh, yang bahkan untuk saat ini gerakan tubuhpun dianggap sebagai bahasa. Pada binatang, selain untuk seks, komunikasi juga dilakukan untuk menunjukkan keunggulan.

Manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. Bentuk umum komunikasi manusia termasuk bahasa sinyal, bicara, tulisan, gerakan, dan penyiaran. Komunikasi dapat berupa interaktif, transaktif, bertujuan, atau tak bertujuan. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut.

Di dunia yang semakin kompleks seperti sekarang ini, komunikasi mutlak diperlukan. Komunikasi paling sederhana adalah komuikasi verbal. Sifat manusia sebagai mahluk sosial adalah salah satu faktor utamanya. Bnyak sekali permasalahan yang muncul dalam masyarakat yang disebabkan adanya "salah paham". Salah paham disebabkan adanya miskomunikasi atau kurangnya komunikasi. Beberapa orang menganggap sepele pentingnya komunikasi. Setiap orang memiliki keinginan dan pemikirannya masing-masing. Suatu kesalahan besar jika kita menganggap orang lain akan mengerti keinginan-keinginan kita tanpa mengkomunikasikannya dengan mereka. Begitupun sebaliknya. Komunikasi yang paling ideal adalah komunikasi yang berlangsung dua arah.

Dalam dunia kerja, komunikasi bahkan merupakan kunci kelangsungan suatu lembaga, dalam hal ini team work. Semua elemen dalam perusahaan adalah bagian dari team. kerja team akan maksimal jika terdapat kekompakan di dalamnya. Dan mustahil hal tersebut tercapai tanpa adanya komunikasi yang bagus antara sesama anggota team, termasuk di dalamnya antara karyawan dan karyawan serta antara karyawan dan pimpinan.

Jika segala permasalahan yang muncul di lingkungan kerja di selesaikan dengan menggunakan komunikasi sebagai medianya, maka masing-masing pihak akan merasa ringan dan nyaman dalam bekerja. Jika tidak dikomunikasikan, maka sedikit demi sedikit permasalahan akan menumpuk dan pada akhirnya akan mencapai puncaknya, salah satunya dengan pengunduran diri karyawan (karena perasaan tidak puas) atau pemecatan (dari pihak perusahaan). Padahal mungkin saja hal ini tidak terjadi jika segala permasalahan dipecahkan secara transparan dengan jalan komunikasi. Setiap manusia dikaruniai Tuhan hak dan Keinginan. Tetapi hak dan keinginan tersebut tidaklah mutlak adanya, karena ada hak dan keinginan orang lain yang membatasinya. Karena itulah komunikasi diperlukan.

Artikel ini hanya gambaran kecil tentang pentingnya komunikasi, terutama di dunia kerja. Berangkat dari pengalaman penulis selama memasuki dunia kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar